Negara Maju Negara Yang Mudah di Retas

hack the planet

Negara-negara maju umunya sudah menggunakan jaringan Internet lebih dari 10 tahun dan umumnya pemakaian jaringan Internet diatas 10 tahun diklaim rentan akan mudahnya peretasan.

Progrev.org – New York, Semakin maju sebuah negara, tentu semakin tinggi tingkat kewaspadaan sekaligus teknologinya untuk menghadapi serangan hacker. Akan tetapi, hasil penelitian lembaga keamanan siber, Rapid7, ada negara-negara maju yang warganya paling rentan jadi korban serangan harcker.

Menurut Rapid7, banyak negara-negara Barat yang mengutamakan kompetisi dan bisnis ketimbang keamanan data mereka. Hasilnya, negara-negara yang jadi pilar utama ekonomi dunia ini menjadi target utama peretas.

Data Rapid7 menunjukkan bila Belgia menjadi negara yang paling terekspose kerentanannya di dunia maya. Nyaris satu per tiga sistem komputer dan perangkat di Belgia rentan diretas. Hal ini cukup ironis mengingat negara ini termasuk sangat maju internet dan ekonominya.

Berikut adalah daftar negara maju yang paling rentan diretas di dunia.

  1. Belgia
  2. Australia
  3. China
  4. Hong Kong
  5. Prancis
  6. Amerika Serikat

Rapid7 mengatakan bila tingginya kerentanan akan aksi peretasan terjadi akibat penggunaan jaringan internet kuno, terutama dari era Perang Dingin atau tahun 1980an. Penggunaan jaringan internet yang umurnya di atas 10 tahun memang diklaim tidak terlalu aman oleh Rapid7.

Artinya negara yang sudah menggunakan jaringan Internet selama lebih dari 10 tahun rentan dengan peretasan oleh para cracker, situs-situs penting dalam organisasi pemerintahan sangat rawan untuk di retas oleh para cracker dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan daripada cracker untuk membajak dan meretas suatu situs akan lebih mudah untuk disikapi oleh para pengembang jaringan Internet sudah saatnya para pengembang-pengembang di dunia internasional bersatu untuk mengatasi kerawanan yang terjadi selama ini dengan penggunaan jaringan internet selama lebih dari 10 tahun di suatu negara.

Indonesia saat ini sudah menjadi startupnya google sehingga dengan tidak lama lagi jaringan internet di Indonesia akan semakin go public internasional, sehingga kerawanan-kerawan akan banyak terjadi di negara Indonesia, sudah saatnya pengembang jaringan di Indonesia sudah memikirkan tentang kewaspadaan kerentanan terhadap peretasan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *