Lembaga Anti Korupsi Siap Kerjasama Dengan KPK

kunjungan-wakil-ketua-ncbc-ke-kpk

Lembaga antikorupsi China National Bureau for Corruption Prevention (NBCP) ingin mengadakan kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

IconNews, Jakarta – Lembaga antikorupsi China National Bureau for Corruption Prevention (NBCP) ingin mengadakan kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Kepala NBCP Liu Jianchao saat berkunjung ke Gedung KPK, Jakarta, Senin 19 September 2016. NBCP bersama KPK telah membahas sejumlah persoalan, antara lain seputar pemberantasan dan pencegahan korupsi serta pemulangan para koruptor.

NBCP mengapresiasi berbagai tindakan yang telah dilakukan KPK. “Sekarang KPK sangat terkenal. KPK memainkan peranan sangat penting di Indonesia ini. Kami sangat apresiasi apa yang telah dilakukan KPK,” kata Wakil Kepala NBCP Liu Jianchao saat berkunjung ke Gedung KPK, Jakarta, Senin 19 September 2016.

Liu Jianchao juga mengatakan, Pemerintah China sangat tidak mentolelansi perbuatan korupsi. Dia menegaskan, korupsi mengancam ekonomi negara serta mengancam ekonomi dunia.

Dia berharap, Indonesia dan China  bersama-sama meningkatkan bidang kerja sama antikorupsi sesuai dengan kepentingan kedua negara. “Saya berharap Pak Agus (Ketua KPK Agus Rahardjo) dapat menandatangani MOU dengan pihak China,” tandasnya.

MoU Ditandatangan di Gedung KPK

Penandatanganan dilakukan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2016).

Dalam kerja sama ini, KPK dan NBCP salah satunya menekankan pada pelaku koruptor yang lari dan menyembunyikan asetnya baik di Indonesia maupun China.

“Mungkin ada koruptor lari dari China ke Indonesia, atau sebaliknya Indonesia lari ke Tiongkok. Ini kita bisa bekerja sama trace asset mereka, informasi tentang mereka,” kata Agus dalam konferensi pers, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

Agus mengatakan, selama ini KPK dan NBCP sebenarnya sudah menjalin kerja sama.

Melalui, penandatanganan nota kesepahaman, diharapkan bisa lebih mempersempit ruang gerak koruptor.

“Ke depannya, pencegahan dan lebih penting pemberantasan dan penindakan antara kita dan Indonesia bisa ditingkatkan,” ujar Agus.

Sementara, Wakil Ketua NBCP Liu Jian Chao memuji KPK yang saat ini sudah semakin terkenal bisa bekerja dengan baik dalam memberantas korupsi.

Mantan Duta Besar China untuk Indonesia ini meyakini kerja sama dengan KPK bisa berjalan dengan baik.

Koruptor dari China yang kabur atau menyimpan asetnya di Indonesia bisa ditangkap dan dipulangkan ke negaranya.

“Nanti koruptor tidak ada tempat sembunyikan aset-aset di negara asing,” ujar Liu.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *