APA dan SIAPA TERORIS DUNIA MAYA

Apa dan Siapa Teroris Dunia Maya
Apa dan Siapa Teroris Dunia Maya
Progrev.org. Teroris, secara sederhana adalah orang yang melakukan teror. Mereka, bisa datang atau dibentuk dari semua strata sosial dan tingkat pendidikan; serta berbagai alasan. Alasan atau motivasi seseorang menjadi teroris, walau dirinya tak mengakui sebagai teroris, sangat beragam; misalnya alasan idiologis, agama, balas dendam, bahkan kelainan jiwa.
Karena alasan-alasan itulah, maka gerakan atau aksi-aksi mereka, para teroris itu, pun beragam, seiring dengan tingkat dan latar pendidikan serta strata sosialnya. Misalnya, seseorang yang wawasan sosialnya sempit, kurang pendidikan, minim interaksi sosial, yang direkrut menjadi pelaku teror, maka bisa dipastikan, ia akan menjadi eksekutor bom bunuh diri.
Namun, jika merekrut seseorang yang pendidikan lumayan, menguasai atau mempunyai pengetahuan lintas ilmu, maka ia bisa dibentuk sebagai operator atau pelaku teror di “belakang layar” dan Dunia Maya.  Mereka, operator atau pelaku teror di “belakang layar” dan Dunia Maya, inilah yang biasa sebut sebagai Teroris Dunia Maya atau Dumay.
Aksi-aksi para Teroris Dumay juga sangat heboh, merusak dan menghancurkan, bahkan melebihi Teroris Dunia Nyata.
Teroris Dumay melakukan aksinya, utamanya, melalui media sosial, media pemberitaan, dan media penyiaran. Itu bermakna, masuk hingga ke ruang private, area publik, serta merasuk ke semua lapisan dan strata masyarakat.
Dengan demikian, ekses penghancuran akibat aksi Teroris Dunia Maya, bisa dikatakan, lebih besar, dahsyat, luar biasa dari luka-luka fisik akibat ledakan bom.  Upaya Pencegahan  Menurut info dari sejumlah teman di institusi yang menangani aksi-aksi terorisme, mereka sudah mampu mendeteksi dan menangkap para Teroris Dumay tersebut. Tapi, upaya untuk deteksi dan menangkap Teroris Dumay, perlu keterlibatan masyarakat, utamanya nitizen yang memiliki ketrampilan IT.
Oleh sebab itu, pada awalnya, nitizen harus memiliki kecintaan kuat terhadap terhadap adanya perdamaian, keamanan, dan kelangsungan bangsa dan negara. Selanjutnya, nitizen perlu melakukan cek dan re-cek pada berbagai sumber berita, misalnya melalui “search machine,” sehingga tak langsung percaya pada opini, wacana, berita, orasi, narasi yang “kelihatannya benar,” tapi sebetulnya merupakan “bom nuklir” dari Teroris Dumay.
Kemudian, nitizen harus berani melaporkan hasil dapatannya, yang dicurigai asalnya dari Teroris Dumay. Jangan takut, sebab aparat terkait mempunyai perangkat dan kiat untuk mengetahui laporan-laporan nitizen. Mereka bisa bertindak dengan lugas, tepat, dan cepat.
Selalu tingkatkan Waspada dimana pun kita berada.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *